4

Manco Makanan atau Jajanan Khas Kampak

Kamis, 13 Januari 2011.
Kalau kita bicara tentang makanan khas atau jajanan khas, pasti kita akan bertanya apakah jajanan khas nya Kampak ya??? Nha ini ada salah satu jajanan khas dari Kampak yaitu Manco. Mungkin anda sedikit kurang familiar dengan nama makanan tersebut. Namun jika di daerah Kampak, makanan itu sangat populer. Biasanya makanan tersebut disuguhkan untuk acara - acara pernikahan dll. Juga sangat laris untuk oleh - oleh bagi yang sedang bepergian ketempat sanak family dan sebagainya..

Jajanan manco yang kalo orang - orang sekitar ato orang diluar daerah trenggalek ada yang menyebutnya p*** (sensor yah) kipu adalah jajanan yang terbuat dari ketan yang diolah dengan proses sedemikian rupa sehingga menjadi jajanan khas trenggalek yang mak nyus. Jajanan ini beredar dengan dua bentuk yaitu ada yang menggunakan wijen sebagai kulitnya ada juga yang menggunakan ketan (yang pasti dah digoreng lo). Jajanan ini lebih nikmat kalo dimakan masih anget ato baru aja dibuat rasanya masih super renyah dan mak nyus pokoke.

Kalo anda pengen berburu manco yang masih anget anda bisa ke desa sugihan kecamatan kampak kabupatenya pasti trenggalek :) . Di desa ini banyak home industri manco. Saya cerita gini karena saya lahir di desa ini dan biasa maen kerumah saudara yang punya home industri manco, saya paling suka makan rontokannya yang ada gula merahnya itu lo, biasa orang nyebutnya kroto tapi ga nggigit lo kroto yang ini :) .

Buat yang minat mencicipi manco yang masih anget silahkan datang ke desa sugihan, ato kalo ga mau ke desa sugihan bisa beli di toko-toko jajan khas trenggalek yang sudah banyak berdiri di pinggir-pinggir jalan ditrenggalek.

Referensi : http://ditrenggalek.com/

Baca Selanjutnya...
 
BERANDA KAMPAK © Copyright 2010 | Design By zahaa_skim |