Jajanan Alen - alen dari Kampak

Jumat, 18 Maret 2011.
Ini lg nih makanan khas dari trenggalek, yaitu alen - alen. Klo orang Trenggalek apalagi Kampak udah gak asing lg sama jajanan khas yang satu ini. ya itulah jajanan yang bernama alen - alen ini sudah menjadi jajanan sehari - hari dari masyarakat trenggalek kususnya kampak. sampai - sampai sangking banyaknya masyarakat yang mmproduksi alen - alen itu tetangga belakang rumah saya pun ada yg memproduksi jajanan alen - alen tesebut. namanya ibu rukiyah, atau biasanya orang2 memanggilnya dengan sebutan lek Rukiyah gitu. Kalo pas lek rukiyah itu memproduksi alen - alen dengan jumlah bnyak rumah saya sering kebagian alen - alenya juga, lumayan deh dapet alen - alen gratis, heheheheheh... n lumayan juga bisa buat camilan waktu nonton tivi.
Makanan atau jajanan alen - alen ini bahan dasarnya terbuat dari singkong dan tepung tapioka, maklum didaerah kampak itu bnyak produksi singkong juga, mangkanya masyarakat bnyak yang memanfaatkan singkong tersebut dengan dibuat makanan - makanan, salah satunya ya alen - alen ini. Nama alen - alen itu didapat dari istilah ali - ali (cincin) jadilah kata alen -alen.
cara pembuatan alen - alen sendiri sepintas tampak sepele, tetapi kalau tidak berpengalaman pasti rasanya akan beda walaupun itu bahan - bahannya udah sama persis. Pertama tepung tapioka direbus dengan air secukupnya, kemudian diberi bumbu bawang putih, garam, serta pewarna kuning yang terbuat dari kunyit yg telah di haluskan dan diambil airnya. Selama proses itu adonan harus diaduk supaya bumbu dan pewarna bisa tercampur merata. setelah dirasa sudah agak setengah matang adonan diangkat dan didinginkan.
Langkah selanjutnya adonan yg masih terasa hangat tersebut digiling dengan tangan untuk memperoleh lonjoran2 kecil, setelah itu dibuat seperti bulatan menyerupai cincin, dan selanjutnya yaitu digoreng, dan jadi deh...

9 Komentar:

Kay mengatakan...

I like it....
:)
please, follow me back!

Penghuni 60 mengatakan...

wah, saya sering tuh mkn kue sperti itu

hanoyz mengatakan...

wah... saia sudah bosan dengan yang ntu...

Anonim mengatakan...

bu rukiyah ga yo mbok ku

Informasi Dunia Samaran mengatakan...

wah infonya bagus sob..
sangat bermanfaat & lengkap lagi..
makasih ya :)
salam kenal :)




#Happy BLogging :D

Informasi Dunia Samaran mengatakan...

udah aku follow sob..

Darmawan Saputra mengatakan...

Terima kasih atas artikelnya.

sepertinya anda berbakat untuk urusan membuat postingan yang ini, jujur saja kamu punya kelebihan tersendiri, dan saya akan berkunjung lagi bila ada waktu.



#Semoga sehat selalu :D

Darmawan Saputra mengatakan...

maaf baru bisa mengunjungi balik sekarang :D
wah.. artikel yang bermanfaat :D
Disini templatenya bagus & Artikelnya juga Berkualitas :D
kalau diberi umur panjang aku akan datang lagi kesini :)



#Semoga Rezekinya Lancar :D

birthday party mengatakan...

waah harus nyobaiin tuh rasanya kaya apa yaa jadi penasaaaran ...

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar.!! Trimakasih..

 
BERANDA KAMPAK © Copyright 2010 | Design By zahaa_skim |